Tuesday, July 21, 2015

DO YOU SPEAK ENGLISH?

Why English?


Bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa Internasional, dimana hampir sebagian besar komunitas dunia menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari hari, bahasa pengantar, ataupun bahasa kedua/asing di negaranya masing-masing. Bisa disimpulkan bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting untuk dikuasai bahkan harus dikuasai oleh masyarakat Indonesia. Bagi seorang adventurer atau setidaknya bagi seseorang yang sering bepergian ke luar negeri bahasa Inggris menjadi modal yang penting juga untuk survive selama berkunjung ke negeri orang. Bila kita lihat lagi ke belakang kita malah sudah belajar Bahasa Inggris sejak sekolah menengah pertama, tetapi kenapa mostly kita malah gak bisa berbahasa inggris terutama conversation atau speaking. Padahal kalau dihitung-hitung at least tiap orang belajar bahasa inggris minimal sudah 6 tahun, 3 tahun di SMP dan 3 tahun di SMA. Big question....

Why??? Whats Wrong???


Yang salah itu apa dan siapa???
Orangnyakah atau metodenya kah?
But here we will not talk about it...mari kita coba cari solusinya biar mampu menggunakan Bahasa Inggris minimal short and personality conversation.

Faktor Penyebab

Untuk mencari solusi yang tepat perlu kita cermati dulu faktor penyebabnya. Ada 5 (lima) penyebab utama yaitu: minat, bakat, usaha, kesempatan dan kemauan. Kalau hanya berminat besar tetapi tanpa ada usaha dan kemauan jelas tidak akan pernah bisa berbahasa Inggris tetapi bila minat dibarengi dengan usaha dan kemauan besar kemungkinan akan berhasil. Lalu kalau hanya berkemauan saja tetapi tidak ada usaha akan tetap kurang optimal. Dan kalau semua hal di atas sudah ada tetapi kesempatan tidak ada juga akan berpengaruh pada hasil pembelajaran.
Ada sebagian orang berpendapat bahwa untuk mempelajari bahasa diperlukan bakat karena secara teori orang yang mempunyai kemampuan lebih di bidang exsact agak kurang mampu belajar bahasa. Tetapi teori ini bisa dipatahkan dengan adanya usaha dan kemauan. Tidak sedikit orang yang exact nya bagus juga memiliki kemampuan berbahasa inggris yang bagus pula. Jadi artinya dengan usaha dan kemauan tidak ada yang tidak mungkin.

There is a will, there is a way

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya tanpa kita sadari kita sudah sering menggunakan bahasa inggris, contoh: thank you, boring/bored, crowded, big sale, discount dan lain-lain...Kadang-kadang juga masih ada orang yang sinis kalau kita sedang mencoba untuk practice English. Just let it be...


Manfaat bisa berbahasa Inggris

1. Bisa mempelajari dan mengembangkan ilmu-ilmu baru di segala bidang.
2. Bisa berkomunikasi, menarik informasi, sharing knowledge, dan sosialisasi dengan warga asing.
3. Bisa mendapatkan belajar ke negara lain
4. Mendukung pekerjaan atau kedinasan seperti joint exercise, conference and meeting.
5. Bisa menjawab kalau anaknya di rumah bertanya tentang PR pelajaran bahasa Inggris.


How to keep and increase your English

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam upaya untuk mempelajari dan menguasai bahasa Inggris yaitu:

1. Keep studying
Walaupun sudah bisa dan mengerti bahasa inggris kalau tidak dipelajari terus kemampuan tersebut bisa berkurang ataupun hilang karena bahasa itu sendiri selalu berkembang dan mengalami perubahan, jadi harus selalu belajar dan belajar lagi. Bisa dibilang belajar Bahasa Inggris adalah Long life learning. Hal ini bisa dilakukan dengan cara belajar sendiri, ikut kursus-kursus baik di dalam maupun di luar negeri.

2. Be Brave (self-confidence)
Keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi sangat mutlak dalam belajar Bahasa Inggris. Berani untuk menggunakan Bahasa Inggris untuk berbicara walaupun masih ada salah disana sini. Bukan suatu masalah, karena English is not our mother tongue, bukan bahasa kita. Jadi kalau masih ada salah sedikit-sedikit masih bisa di tolerir asalkan lawan bicara kita mengerti apa yang kita sampaikan. Jadi tidak usah mikir nanti kalau salah gimana. Catat aja dalam pikiran kita ‘bicara dulu salah urusan belakangan’.

3. Keep practicing
Bahasa tanpa praktek adalah omong kosong ‘Language without practice is nonsens’. Latihan dan prakteklah yang membuat kita ‘get used to untuk berbicara bahasa Inggris, melatih lidah agar terbiasa, dan juga sebagai salah satu usaha untuk menambah kosakata. Dan juga karena Practice make perfects..! Practice bisa dilakukan dimana saja, dengan teman, atasan/bawahan di kantor, keluarga di rumah atau orang yang kita tahu punya kemampuan berbahasa inggris. Buang dan hilangkan rasa malu anda. Ditambah lagi dengan kemauan yang kuat dan telaten you’ll able to speak English. Coba untuk hilangkan pikiran “ntar kalau saya bicara grammarnya betul gak ya?” Kalau sudah ada rasa worried, nervous, and not confident wahh akan menghambat untuk increase your English tuh...so, PD aja lagi!

4. Banyak cara-cara lain yang bisa digunakan untuk increase your English ability, misalnya nonton film-film berbahasa inggris, listening to music, read newspaper, magazine, novels and etc. Dengan cara mencoba untuk menangkap dan mengerti apa yang di ucapkan oleh para speakers tersebut.

5. Follow up
Kalau sudah bisa berbahasa inggris harus ada follow up nyauntuk mempertahankan kemampuan tersebut karena kalau tidak pernah atau jarang belajar dan practice lagi pasti akan decrease kemampuan tersebut.

“Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan better late than never”. So, force yourself to study English as soon as possible.

Never give up and good luck!


1 comment:

  1. Disini aku mau Sharing aja ya
    Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
    Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
    untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
    ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
    selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
    banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
    yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
    MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    ReplyDelete