Thursday, August 27, 2015

LOST IN CYPRUS

Mengapa saya seperti Lost in Cyprus, karena Perjalanan Grishan kali ini tidak direncanakan sebelumnya. Alhasil selama tiga hari di Cyprus bingung mau memilih berkunjung ke mana saja. Dengan begitu banyaknya Obyek wisata yang dimiliki Cyprus, khususnya pantainya yang terkenal dan sudah punya reputasi pantai-pantai terbaik, bersih, dan sangat cocok bagi mereka penyuka olah raga air. Berenang, bermain kayak, sewa perahu, bisa dilakukan di sini. Atau paling tidak berendam saja di tepi pantai jika tak bisa berenang. Satu hal yang luar biasa juga dari pulau ini adalah peninggalan-peninggalan arkeologisnya. Hampir tersebar di seluruh pulau. Terawat dan murah tarif masuknya. Hal-hal menarik lainnya adalah adanya masjid-masjid megah, serta desa tradisionalnya yang cantik dan berkesan damai.

Cyprus, atau disebut juga dengan Republic of Cyprus adalah sebuah Negara kepulauan kecil yang terletak di Laut Mediterania Timur, ±113 km di sebelah selatan Turki dan 120 km di sebelah barat SuriahIbu kotanya adalah Lefkosia (Nikosia). Kota penting lainnya adalah Lemesos (Limassol), LarnacaPaphos, Ammochostos (Famagusta), dan Kyrenia.

Negara dengan luas 9.251 km2 ini terbagi kedalam beberapa zona/ teritaorial, 3.355 km2 diantaranya di bawah administrasi Cyprus Turki (Turkish Cypriot), 151 km2 merupakan Green Line (buffer zone di bawah pengawasan PBB) dan 254 km2 merupakan Sovereign Base Area di bawah yuridiksi Inggris. 
Source: Wikimedia.org

Cyprus yang merupakan pulau kecil ini memiliki pantai yang indah dan lembah subur yang kaya dengan Anggur dan berbagai kandungan mineral.
Kota Limassol dan Paphos adalah dua kota utama di Cyprus yang menjadi pusat kunjungan berbagai turis dari seluruh dunia, di kedua kota tersebut banyak terdapat Apartemen dan Villa disepanjang pantainya.

Salah satu pantai yang terkenal di Cyprus adalah Agia Napa dan Protaras. Daya tarik lainnya adalah biaya hidup di Cyprus tidak semahal Negara Eropa lainnya, dengan merogoh kocek sekitar 150.000 Euro, Anda sudah mendapatkan Apartemen seluas 100 meter persegi lengkap dengan pemandangan Laut Mediterania yang indah.

Cyprus memiliki mata uang Pound Cyprus (SC), tetapi mata uang sehari-hari untuk bertransaksi adalah mata uang Euro. Mata uang US Dollar bisa juga di gunakan tetapi harus dengan kesepakatan sebelumnya, biasanya kalau belanja dalam jumlah agak banyak para pemilik toko mau menerima US $.

Dalam persinggahan kali ini di Cyprus, Perjalanan Grishan hanya sempat berkunjung di Larnaca, Limassol dan Paphos. Itupun tidak semua obyek wisata dikunjungi. Beberapa obyek wisata yang sempat saya kunjungi antara lain; Masjid Hala Sultan Tekke, Larnaca Salt Lake, Finikoudes Beach (di distrik Larnaca), Archaelogical site of Kourion (Curium), Limassol Municipal Garden, Limassol Marina, Amathus Ruins, Old town (di distrik Limassol), Paphos Municipal Beach, Phapos Harbour Castle, Aphrodite’s Rocks (di distrik Paphos). Nah, untuk mengetahui lebih dalam obyek-obyek wisata tersebut, Perjalanan Grishan akan mengulasnya satu-persatu dan akan di bagi dalam beberapa bagian. Silakan terus diikuti.


2 comments:

  1. Boleh minta info cara apply visa Cyprus kah?

    ReplyDelete
  2. Disini aku mau Sharing aja ya
    Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
    Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
    untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
    ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
    selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
    banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
    yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
    MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    ReplyDelete